Pengaruh Senam Hamil, Hypnobirthing, dan Denyut Nadi Pemulihan terhadap Penurunan Kecemasan dalam Menghadapi Persalinan.

Suryaningtiyas, Chandra (2017) Pengaruh Senam Hamil, Hypnobirthing, dan Denyut Nadi Pemulihan terhadap Penurunan Kecemasan dalam Menghadapi Persalinan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chandra-suryaningtiyas-15711251069.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh senam hamil dan hypnobirthing terhadap penurunan kecemasan dalam menghadapi persalinan, (2) perbedaan penurunan kecemasan antara ibu hamil yang memiliki denyut nadi pemulihan tinggi dan rendah, (3) interaksi antara jenis perlakuan (senam hamil dan hypnobirthing) dan kategori denyut nadi pemulihan terhadap penurunan kecemasan, dan (4) perbedaan pengaruh senam hamil dan hypnobirthing terhadap peningkatan denyut nadi pemulihan. Penelitian dilaksanakan di Desa Wonosari, Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil yang bertempat tinggal di Desa Wonosari Kabupaten Klaten. Sampel sejumlah 24 ibu hamil ditentukan dengan teknik random sampling. Variabel penelitian ini melibatkan tiga variabel, yaitu variabel independen, variabel atributif, dan variabel dependen, dengan rincian: 1) variabel independen yaitu senam hamil dan hypnobirthing, 2) variabel atributif yaitu denyut nadi pemulihan tinggi dan rendah, dan 3) variabel dependen yaitu penurunan kecemasan. Pengambilan data kecemasan dengan menggunakan kuesioner Hamilton anxiety rating scale. Pengambilan data denyut nadi dengan menggunakan stopwatch. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANOVA dua jalur dengan bantuan aplikasi computer menggunakan seri program SPSS for windows versi 21 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara senam hamil dan hypnobirthing terhadap penurunan kecemasan, (Sig =0,047 < 0,05). Kelompok hypnobirthing memiliki penurunan kecemasan yang lebih besar daripada senam hamil; (2) terdapat perbedaan penurunan kecemasan yang signifikan antara ibu hamil yang memiliki denyut nadi pemulihan tinggi dan rendah, (Sig =0,004 < 0,05). Kelompok yang memiliki denyut nadi pemulihan tinggi memiliki penurunan kecemasan yang lebih besar daripada yang memiliki denyut nadi pemulihan rendah; (3) terdapat interaksi yang signifikan antara perlakuan dan kategori denyut nadi pemulihan terhadap penurunan kecemasan, (Sig =0,024 < 0,05); (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signfikan antara senam hamil dan hypnobirthing terhadap peningkatan denyut nadi pemulihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Senam Hamil, Hypnobirthing, Kecemasan, dan Denyut Nadi Pemulihan.
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:11
Last Modified: 09 May 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52084

Actions (login required)

View Item View Item