PENGARUH KARAKTERISTIK MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RESTORAN KHAS KRATON YOGYAKARTA

Robinsen, Yurian Prayonggo (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RESTORAN KHAS KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Karakteristik Makanan dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Kh.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui : (1) karakteristik makanan khas Kraton Yogyakarta, (2) karakteristik pelayanan, (3) pengaruh karakteristik makanan terhadap keputusan pembelian, (4) pengaruh karakteristik pelayanan terhadap keputusan pembelian, dan (5) pengaruh karakteristik makanan dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, mengenai pengaruh karakteristik makanan dan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di restoran khas Kraton Yogyakarta. Populasi penelitian adalah pengunjung restoran khas Kraton Yogyakarta kurang lebih sebanyak 6.400 konsumen. Ukuran sampel penelitian dihitung menggunakan rumus menurut Supramono dan Haryanto sebanyak 100 konsumen, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data asosiatif dengan uji regresi linier berganda. Hasil uji validitas 30 sampel menyatakan valid dan hasil uji reliabel menyatakan nilai alpha hitung 0,947 dari 35 butir pertanyaan. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Makanan khas Kraton Yogykarta berasa manis dan gurih, warna tidak mencolok, dan nama makanan dalam bahasa asli/Jawa. (2) Karakteristik pelayanan terletak pada pelayan yang menggunakan pakaian tradisional Jawa dan menyediakan camilan saat tamu menunggu pesanan. (3) Karakteristik makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Karakteristik pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) karakteristik makanan dan karakteritik pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di restoran khas Kraton Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Keputusan Pembelian, Restoran khas Kraton Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52083

Actions (login required)

View Item View Item