PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK COMBONGAN JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL

Fitri Uswatun, Khasanah (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK COMBONGAN JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Fitri Uswatun Khasanah_11111244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan kerjasama anak kelompok B TK PKK Combongan berkembang belum maksimal. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat individual. Berdasarkan pengamatan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan pendidik dan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016 yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 21 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK PKK Combongan yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Objek penelitian adalah peningkatan kerjasama anak melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada anak kelompok B TK PKK Combongan dalam dua siklus.Peningkatan persentase kemampuan kerjasama pada indikator bergabung dengan kelompok pada Pra Tindakan 38,09% meningkat menjadi 85,71% pada akhir siklus. Pada indikator tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas pada Pra Tindakan 23,80% meningkat menjadi 90,47% pada akhir siklus. Pada indikator tolong-menolong pada Pra Tindakan 28,57% meningkat menjadi 76,19% pada akhir siklus. Pada Indikator mau berbagi pada Pra Tindakan 33,33% meningkat menjadi 90,47% pada akhir siklus. Kata kunci : kerjasama, team games tournament

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52076

Actions (login required)

View Item View Item