LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

WAHYU RAHARJO, WAHYU RAHARJO (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
dana.docx

Download (32kB)
[img] Text
LAPORAN MINGGUAN PPL.docx

Download (158kB)
[img] Text
LAPORAN KKN PPL.rtf

Download (32MB)

Abstract

Kegiatan PPL merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu suatu pengabdian kepada masyarakat yang di lingkup dunia kependidikan yang berada di sekolah serta dapat membantu mengembangkan sekolah dengan menunjang proses pembelajaran dan pengembangan metode pembelajaran. Kegiatan PPL sebagai mata kuliah yang wajib diikuti karena memilki peran penting yaitu sebagai suatu wadah atau sarana dalam pembentukan calon tenaga kependidikan atau guru yang handal, profesional, dan bijaksana. Praktikan pada kegiatan KKN-PPL Terpadu ini mendapatkan tempat di SMK MUHAMMADIYAH 2 WATES, Kulon Progo. Kegiatan KKN-PPL Terpadu ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan program individu yang dijadikan sebagai wujud secara nyata atau konkrit dari kegiatan KKN individu serta guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses pembelajaran dan metode pembelajaran, serta proses kegiatan yang berkaitan erat dalam dunia kependidikan guna dijadikan sebagai suatu bekal untuk menjadi seorang calon tenaga kependidikan atau guru yang dapat memiliki nilai, sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan keprofesionalan yang cukup tinggi. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL kurang lebih selama dua setengah bulan di SMK Muhammadiyah 2 Wates ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan, dalam hal ini bidang studi Penjasorkes yang diperoleh dari bangku kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta dengan baik. Meskipun demikian masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL, yaitu masih kurangnya alat dan fasilitas yang dimiliki pihak sekolah yang menunjang dalam proses pembelajaran penjasorkes. Dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna dikemudian hari. Penulis menghimbau supaya hubungan kerjasama antara sekolah dengan UPPL UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:55
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52071

Actions (login required)

View Item View Item