PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS NDROID “CHEMISTRY LABYRINTH” PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Rahayu, Christianti Ellis (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS NDROID “CHEMISTRY LABYRINTH” PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI CHRISTIANTI ELLIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis karakteristik game edukasi berbasis android “Chemistry Labyrinth” pada materi sistem periodik unsur untuk memotivasi peserta didik SMA/MA kelas X yang dibuat, (2) Mengetahui kualitas game edukasi berbasis android Chemistry Labyrinth pada materi sistem periodik unsur untuk memotivasi peserta didik SMA/MA kelas X. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan langkah pengembangan meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer yakni 5 mahasiswa kimia, dan reviewer yakni 5 guru SMA/MA. Media ini juga dilakukan uji coba terbatas terhadap 15 orang siswa MIPA 3 MAN Yogyakarta 1. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang kemudian dihitung untuk memperoleh kategori kualitas produk. Hasil olah data yang diperoleh dari data penilaian reviewer mendapatkan rentang kategori sangat baik (SB). Persentase keidealan Sembilan aspek yakni aspek materi, pengorgaisasian materi, soal, efek bagi strategi pembelajaran, bagi strategi pembelajaran, bahasa, rekayasa perangkat lunak, tampilan audio dan visual, dan keterlaksanaan berada dalam kategori sangat baik (SB). Berdasarkan angket oleh 15 orang siswa game Chemistry Labyrinth juga mendapatkan respon positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52064

Actions (login required)

View Item View Item