PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN KULON PROGO

Liaizati, Liaizati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Liaizati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas III SD Muhammadiyah Mutihan Kulon Progo (2) mengetahui perbedaan sikap tanggung jawab siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan pembelajaran tidak menggunakan snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III.1 dan III.2 SD Muhammadiyah Mutihan yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan skala psikologi sikap tanggung jawab siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan 22 butir pernyataan yang valid dan hasil reliabilitas sebesar 0,825. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang didukung dengan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas III SD Muhammadiyah Mutihan Kulon Progo. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2,175 lebih besar dari t tabel 1,674 (2,175>1,674) dan nilai signifikansi sebesar 0,034 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar pada taraf 5% (0,034<0,05). (2) Terdapat perbedaan sikap tanggung jawab siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan pembelajaran tidak menggunakan snowball throwing. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 7,5 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol sebesar 69. Kata kunci: tanggung jawab, snowball throwing, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2017 05:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52057

Actions (login required)

View Item View Item