PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI SD NEGERI 1 SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmawati, Esti (2017) PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI SD NEGERI 1 SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Esti Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan critical thinking siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SD Negeri 1 Sedayu Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis& Taggart dengan model siklus berulang, dimana setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan critical thinking siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SD Negeri 1 Sedayu Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil observasi dari pra siklus yaitu 1,9 meningkat pada siklus I yaitu 5,3 dan meningkat menjadi 7,2 pada siklus II dengan persentase siswa yang memenuhi kriteria 29% pada siklus I menjadi 77,4% pada siklus II. Hasil rata-rata skala critical thinking mengalami peningkatan dari 6,77 dengan 38,7% siswa yang tuntas pada tahap pra tindakan, menjadi 7,0 dengan 51,6% siswa yang tuntas pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 7,1 dengan 80,6% siswa yang tuntas pada siklus II. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Instruction, critical thinking, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52052

Actions (login required)

View Item View Item