IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI SD NEGERI 1 SEDAYU KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Cahyaningrum, Dwijayanti (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI SD NEGERI 1 SEDAYU KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwijayanti Cahyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila di SD Negeri 1 Sedayu, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Sedayu, Kecamaran Sedayu Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan observasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengujian keabsahan data mengunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila di SD Negeri 1 Sedayu sudah terlaksana yaitu: (1) sila Ketuhanan Yang Maha Esa yaitu (a) Percaya ada Tuhan Yang Maha Esa siswa terlihat menjalankan sholat Dhuhur berjamaah dengan mandiri dan tertib; (b) Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, siswa menjalankan sholat Dhuhur berjamaah dengan baik; (c) menghormati pemeluk agama dan kepercayaan lain, siswa dapat bertoleransi kepada siswa beragama lain; (2) sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab yaitu (a) memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dengan baik, (c) mengembangkan sikap tenggang rasa kepada siswa lain saat berkomunikasi, (d) berani membela kebenaran dan keadilan ketika teman lain bertengkar; (3) sila Persatuan Indonesia (a) memiliki rasa cinta tanah air dengan tertib melakukan upacara dan pembacaan Pancasila, (b) siswa mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka Tunggal Ika dengan bersosialisasi kepada semua siswa, (c) siswa memiliki jiwa nasionalisme dengan pembacaan Pancasila dan menyanyikan lagu wajib atau nasional dengan mandiri; (4) sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Oleh Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan yaitu (a) siswa dapat menghargai hak dan kewajiban orang lain dengan mempersilakan siswa lain untuk berpendapat ketika diskusi kelompok, (b) siswa tidak memaksakan kehendakan kepada orang lain jika tidak diperbolehkan meminjam barang; (5) sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yaitu (a) melakukan kegiatan gotong royong saat kegiatan Jumat bersih, (b) siswa menjaga keseimbangan hak dan kewajiban yang dimiliki dengan melakukan piket sesuai dengan jadwal, (d) sekolah membiasakan siswa untuk menabung agar terhindar dari sifat pemborosan. Kata kunci: implementasi, nilai-nilai Pancasila

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52050

Actions (login required)

View Item View Item