Upaya Peningkatan Pembelajaran Lari Gawang Melalui Pendekatan Bermain (Games) SMK Muhammadiyh 1 Playen.

Sutaryanto, Sutaryanto (2017) Upaya Peningkatan Pembelajaran Lari Gawang Melalui Pendekatan Bermain (Games) SMK Muhammadiyh 1 Playen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sutaryanto-15711251043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan lari gawang melalui pendekatan bermain pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas XII Mesin B SMK Muhammadiyah 1 Playen berjumlah 32 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Januari sampai Maret 2017, pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi hasil belajar ketrampilan lari gawang, (2) tes hasil prestasi lari gawang, (3) observasi kelas terhadap guru, (4) observasi terhadap situasi kelas, (5) observasi terhadap perilaku siswa, (6) tes pengetahuan, (7) angket. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari gawang pada siswa kelas XII Mesin B SMK Muhammadiyah 1 Playen. Berdasarkan hasil test pada siklus I rata-rata nilai siswa 65.33 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 55,25. Pada siklus II rata-rata nilai siswa 74.41. Pada siklus II 100 % sudah dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70 untuk nilai ketrampilan lari gawang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peningkatan pembelajaran, lari gawang, pendekatan bermain
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:16
Last Modified: 12 Jan 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52046

Actions (login required)

View Item View Item