Keefektifan Pembelajaran Bertabantuan Internet di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Muhammadiyah Yogyakarta Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Wirasasmita, Rasyid Hardi (2009) Keefektifan Pembelajaran Bertabantuan Internet di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Muhammadiyah Yogyakarta Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rasyid-hardi-wirasasmita-07702251010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pembelajaran berbantuan internet di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Sekolah ini dipilih karena merupakan Sekolah Bertaraf International (SBI) yang memilki program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan sudah melaksanakan e-learning untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pembelajaran berbantuan internet dan e-learning menjadi persyaratan SMK SBI, sehingga perlu diketahui sejauh mana efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Variabel penelitian adalah kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium komputer, sikap siswa dan penguasaan strategi pembelajaran guru. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan seluruh guru yang mengajar kelas 2 program keahlian teknik komputer dan jaringan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk guru dan siswa, dan lembar obsevasi untuk kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium komputer. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana laborotorium komputer sesuai dengan standar minimum laboratorium komputer, penguasaan strategi pembelajaran guru berada pada kategori kurang (rerata 225,72) dengan tingkat kecenderungan sebesar 7,9 %, belum memenuhi standar yang telah ditetapkan pada kategori pembelajaran yang efektif, sikap siswa berada pada kategori sangat baik (rerata 132,48) dengan tingkat kecenderungan sebesar 72,22 %, sudah memenuhi satandar yang telah ditetapkan pada kategori efektif. Secara keseluruhan pemebelajaran berbantuan internet di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta efektif, meskipun untuk penguasaan strategi pembelajaran guru perlu ditingkatkan dengan mengikutkan guru pada pelatihanpelatihan yang berhubungan dengan pembelajaran berbantuan internet. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: a) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguasaan strategi pembelajaran guru dalam PBM terhadap efektivitas pembelajaran berbantuan internet di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi (τ) sebersar 0,979 dengan probabilitas (ρ) sebesar 0,000; b) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap siswa terhadap efektivitas pembelajaran berbantuan internet di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta nilai koefisien korelasi (τ) sebersar 0,971 dengan probabilitas (ρ) sebesar 0,000; c) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguasaan strategi pembelajaran guru dalam PBM dan sikap siswa terhadap efektivitas pembelajaran berbantuan internet di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi (τ) sebersar 0,983 dengan probabilitas (ρ) sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:17
Last Modified: 29 Jan 2019 12:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52044

Actions (login required)

View Item View Item