Pengaruh Pemahaman Diri, Layanan Bimbingan dan Konseling, dan Citra SMK terhadap Minat Siswa SMP Melanjutkan Studi ke SMK di Kabupaten Temanggung

Farid, Muhammad (2009) Pengaruh Pemahaman Diri, Layanan Bimbingan dan Konseling, dan Citra SMK terhadap Minat Siswa SMP Melanjutkan Studi ke SMK di Kabupaten Temanggung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad farid-07702251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) tingkat pemahaman diri siswa, kualitas layanan bimbingan dan konseling di SMP, citra SMK oleh siswa SMP dan minat siswa SMP melanjutkan studi ke SMK; dan (2) pengaruh pemahaman diri siswa, kualitas layanan bimbingan dan konseling di SMP, dan citra SMK terhadap minat siswa SMP melanjutkan studi ke SMK di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas IX pada Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 334 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat pemahaman diri siswa berada pada kategori sangat tinggi = 4,8%; kategori tinggi = 85,3%; dan kategori rendah = 9,9%; persepsi tentang kualitas layanan layanan bimbingan dan konseling di SMP pada kategori sangat baik = 32,9%; kategori baik = 60,5%; dan kategori tidak baik = 6,6%.; citra SMK pada kategori sangat baik = 14%; kategori baik = 72,5%; dan kategori tidak baik = 13,5%; dan minat siswa SMP melanjutkan studi ke SMK berada pada kategori sangat tinggi = 31,7%; kategori tinggi = 59%; dan kategori rendah = 9,3%. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang positif pemahaman diri terhadap minat studi ke SMK dengan koefisien korelasi sebesar 0,332 dengan nilai thitung = 6,416 dan sumbangan efektif sebesar 11%; (2) terdapat pengaruh yang positif kualitas layanan bimbingan dan konseling terhadap minat studi ke SMK dengan koefisen korelasi sebesar 0,408 dengan thitung = 8,154 dan sumbangan efektif sebesar 11,5%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif citra SMK dengan minat siswa melanjutkan ke SMK dengan koefisien korelasi sebesar 0,631 dengan thitung = 14,833 dan sumbangan efektif 21,5%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama pemahaman diri siswa, kualitas layanan bimbingan dan konseling, citra SMK terhadap minat siswa SMP melanjutkan studi ke SMK dengan koefisien korelasi Ry(1,2,3) = 0,664 dengan Fhitung = 86,546 dan sumbangan efektif 44%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:28
Last Modified: 04 Oct 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52040

Actions (login required)

View Item View Item