Hubungan Kemampuan Penalaran dan Kemandirian Belajar terhadap Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Baubau Sulawesi Tenggara.

Ayu, Novalinda Puspita (2017) Hubungan Kemampuan Penalaran dan Kemandirian Belajar terhadap Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Baubau Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novalinda-ayu-15709251085.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkategorikan tingkat kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian belajar matematika; (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian belajar matematika; (3) mendeskripsikan hubungan antara kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed method. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah 300 siswa kelas VIII SMP Negeri yang ada di kota Baubau. Teknik analisis data yang digunakan adalah memeriksa, menganalisis, dan mengelompokkan hasil tes dan non-tes, menganalisis hasil wawancara, dan uji SEM untuk melihat hubungan antar variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematika berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 32,00, kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 52,10, dan kemandirian belajar berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 105,46; (2) kemampuan penalaran dipengaruhi oleh banyaknya siswa yang menjawab benar pada indikator pertama (menyajikan pernyataan matematika melalui lisan, tulisan, diagram, dan sketsa serta melakukan manipulasi matematika), kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh banyaknya siswa yang menjawab benar pada indikator kelima (look back and evaluate the effects of your activities), dan kemandirian belajar dipengaruhi oleh kontrol kinerja yang baik; dan (3) kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian belajar matematika memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai P-value>0,05 dan RMSEA<0,08.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penalaran, pemecahan masalah, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:31
Last Modified: 14 Aug 2017 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52037

Actions (login required)

View Item View Item