UJI EKSTRAK DAUN MARA TUNGGAL (Clausena excavata Burm F.) SEBAGAI BIOINSEKTISIDA HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea (L.))

Nurhidayah, Tantin (2017) UJI EKSTRAK DAUN MARA TUNGGAL (Clausena excavata Burm F.) SEBAGAI BIOINSEKTISIDA HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea (L.)). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis optimal ekstrak daun mara tunggal (Clausena excavata Burm F) sebagai bioinsektisida hama Spodoptera litura pada tanaman sawi caisism (Brasssica Juncea ), mortalitas larva Spodoptera litura, pemendekan fase larva instar III Spodoptera litura menjadi pupa, ada tidaknya pengaruh terhadap morfologi tanaman sawi caisim, dan berat basah tanaman sawi setelah pemberian ekstrak daun mara tunggal. Jenis penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Eksperimen dengan 5 variasi dosis dan 5 kali pengulangan. Obyek penelitian ini adalah 125 ekor larva instar III Spodoptera litura yang diperoleh dari Balittas Malang, Jawa Timur. Ekstrak daun mara tunggal (Clausena excavata Burm F) dibuat dari 100 gram daun mara tunggal segar yang dicampur dengan 200 ml air dan 1 ml alkohol 90 % sebagai pelarut dan didiamkan selama 24 jam. Starter ekstrak daun diencerkan menjadi 4 variasi dosis yaitu 0 %, 17,5 %, 20 %, dan 22,5 %, juga pestisida sintetik. Penginfeksian hama dilakukan pada tanaman sawi yang berumur 21 hari setelah tanam yang ditanam di green house FMIPA UNY. Tanaman sawi diinfeksikan masing-masing 5 ekor larva Spodoptera litura, pengamatan dilakukan satu hari setelah penyemprotan bioinsektisida. Hasil uji statistik Homogenitas dan Normalitas menunjukkan hasil yang tidak signifikan, artinya data berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji One Way Anova diperoleh p=0,000 sehingga (p<0,05) artinya terdapat perbedaan yang nyata ekstrak daun mara tunggal (Clausena excavata Burm F) terhadap mortalitas larva Spodoptera litura. Ekstrak daun mara tunggal pada dosis 22,5 % adalah dosis efektif mengakibatkan kematian larva diatas 80 %. Hasil uji One Way Anova menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap jumlah pembentukan pupa Spodoptera litura, pemendekan fase larva menjadi pupa dan terhadap morfologi sawi. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap berat basah tanaman sawi caisim.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Clausena excavata, Spodoptera litura
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52032

Actions (login required)

View Item View Item