Pengembangan Perangkat Pembelajaran Open Ended untuk Mendukung Ketercapaian Tiga Ranah Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMA.

Sulistyowati, Eko (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Open Ended untuk Mendukung Ketercapaian Tiga Ranah Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-sulistyowati-12709259045.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran RPP dan LKS dengan menggunakan pendekatan open ended yang valid, implementatif, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi matematika siswa kelas XI SMA baik pada aspek sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengacu pada model ADDIE dari Dick and Carey, yang langkah-langkahnya dimodifikasi dengan meng- integrasikan tahapan implementasi dan evaluasi, meliputi: (1) Analysis (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation and Evaluation (implementasi dan evaluasi). Subjek uji yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah satu rombel siswa kelas XI SMAN 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: (1) lembar penilaian kelayakan produk RPP dan LKS, (2) angket respon siswa tentang LKS, dan (3) lembar penilaian keefektifan produk dalam meningkatkan kompetensi siswa. Validitas instrumen ditetapkan berdasarkan: (a) validitas isi untuk instrumen penilaian kelayakan produk RPP dan LKS, dan (b) validitas butir untuk instrumen angket respon siswa. Estimasi reliabilitas instrumen didasarkan pada reliabilitas inter-rater, reliabilitas dengan formula Alpha-Cronbach. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif, statistika deskriptif, analisis gain score, dan uji keefektifan produk dengan analisis varians Friedman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menurut penilaian ahli, perangkat RPP dan LKS yang telah dikembangkan dinilai sangat valid, sedangkan menurut penilaian pengguna, perangkat RPP dan LKS yang telah dikembangkan dinilai sangat praktis; (2) perangkat RPP dan LKS yang dikembangan efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa pada semua aspek sikap dengan nilai Friedman χ2r antar pertemuan dengan p < 0,05; efektif untuk meningkatkan kompetensi aspek pengetahuan dengan nilai gain score pertemuan I ke II, pertemuan II ke III, dan pertemuan I ke III berturut-turut sebesar 0,46 (medium); 0,73 (tinggi); dan 0,80 (tinggi); dan efektif untuk meningkatkan kompetensi aspek keterampilan dengan gain score pertemuan I ke II, pertemuan II ke III, dan pertemuan I ke III berturut- turut sebesar 079 (keefektifan tinggi); 0,88 (keefektifan tinggi); dan 0,93 (keefektifan sangat tinggi), dan (3) penilaian siswa kelas XI SMA terhadap kebermanfaatan LKS dalam mendukung belajar mereka dalam kategori bermanfaat, dengan rerata sebesar 58,85 atau capaian sebesar 78,84%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Matematika Open Ended
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:19
Last Modified: 09 May 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52030

Actions (login required)

View Item View Item