Pengaruh Science Fair Terintegrasi Project Based Learning pada Tema Zat Aditif terhadap Kreativitas dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik.

Tantri, Irma Dwi (2017) Pengaruh Science Fair Terintegrasi Project Based Learning pada Tema Zat Aditif terhadap Kreativitas dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irma-dwi-tantri-15708251026.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh science fair terintegrasi project based learning terhadap kreativitas dan keterampilan komunikasi peserta didik. Pengujian dilakukan terhadap aspek kreativitas dan keterampilan komunikasi secara simultan maupun terhadap masing-masing variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksprerimen semu menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Adapun sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII E (kelompok kontrol) dan VIII F (kelompok perlakuan) yang diambil secara cluster sampling. Kelompok kontrol menerapkan pembelajaran konvensional, sementara kelompok perlakuan menerapkan science fair terintegrasi project based learning. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes. Aspek kreativitas diukur menggunakan tes dan aspek keterampilan komunikasi diukur menggunakan lembar penilaian laporan dan lembar penilaian presentasi. Data kreativitas dan keterampilan komunikasi peserta didik kemudian dianalisis secara statistik melalui multivariate analysis of variance (manova), independent samples t-test, dan repeated measures. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) science fair terintegrasi project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas dan keterampilan komunikasi peserta didik berdasarkan hasil uji manova dengan nilai sig. 0,000 kurang dari 0,05, (2) science fair terintegrasi project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas peserta didik berdasarkan hasil analisis independent samples T Test dengan nilai sig. 0,018 kurang dari 0,05, dan (3) science fair terintegrasi project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik berdasarkan analisis repeated measures dengan nilai sig. 0,024 kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: science fair, project based learning, kreativitas, keterampilan komunikasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:11
Last Modified: 09 May 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52029

Actions (login required)

View Item View Item