TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER SENAM TAHUN 2017 DI SD NEGERI WARENG BUTUH KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

YAHYA, AMIRUL (2017) TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER SENAM TAHUN 2017 DI SD NEGERI WARENG BUTUH KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami kelelahan pada saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani dari peserta ekstrakurikuler senam tahun 2017 di SD Negeri Wareng Butuh Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler senam tahun 2017 di SD Negeri Wareng Butuh Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, terdiri oleh 11 siswa putra dan 10 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes TKJI umur 6-9 tahun dan umur 10-12 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang di persentasekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani peserta ekstrakurikuler senam umur 6-9 yang berjumlah 11 siswa tahun 2017 di SD Negeri Wareng Butuh Kabupaten Purworejo Jawa Tengah sebanyak 1 siswa (9,1 %) mempunyai tingkat kesegaran jasmani baik, 8 siswa (72,7%) mempunyai tingkat kesegaran jasmani sedang, 2 siswa (18,2 %) mempunyai tingkat kesegaran jasmani kurang, dan tidak ada siswa (0 %) yang mempunyai tingkat kesegaran jasmani baik sekali dan kurang sekali. Hasil untuk umur 10-12 tahun yang berjumlah 10 siswa,sebanyak 4 siswa (40,0 %) mempunyai tingkat kesegaran jasmani sedang, 6 siswa (60,0%) mempunyai tingkat kesegaran jasmani kurang, dan tidak ada siswa (0 %) yang mempunyai tingkat kesegaran jasmani baik sekali, baik dan kurang sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesegaran jasmani, senam, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52024

Actions (login required)

View Item View Item