RESPON GURU PENJASORKES TERHADAP SERTIFIKASI DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO

Dwi Romansyah, Febritya (2017) RESPON GURU PENJASORKES TERHADAP SERTIFIKASI DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Febritya Dwi Romansyah_13604221049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sertifikasi adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah kepada guru yang telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru penjasorkes terhadap sertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes sertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru penjasorkes terhadap sertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro adalah positif. Guru sudah memenuhi mengajar seminggu minimal 24 jam pelajaran, melaksanakan pemberkasan setiap 6 bulan sekali dan mengikuti UKG. Kompetensi pedagogis guru tergolong positif, tetapi belum semua guru melaksanakan pengembangan potensi siswa. Kompetensi profesional guru tergolong positif karena guru menguasai materi, mengikuti program pengembangan diri, guru aktif mengikuti KKG, seminar, diklat dan pelatihan, membuat atau memodifikasi alat pembelajaran, namun belum semua guru melakukan publikasi ilmiah dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Kompetensi kepribadian guru tergolong positif karena guru tidak terlambat datang sekolah, berpakaian rapi dan sopan, mengajar sesuai jadwal dan menyampaikan materi dengan jelas. Kompetensi sosial guru juga tergolong positif karena guru aktif mengikuti KKG, guru berjabat tangan ketika datang dan pulang sekolah, tidak diskriminatif, berbicara santun kepada siswa dan dapat berkomunikasi dengan warga sekitar sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52023

Actions (login required)

View Item View Item