PENYELESAIAN MASALAH RUTE PENYIRAMAN TANAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL IMMUNE SYSTEM (AIS) DAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS DI KOTA YOGYAKARTA

Sari, Viga Apriliana and Sari, Eminugroho Ratna (2017) PENYELESAIAN MASALAH RUTE PENYIRAMAN TANAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL IMMUNE SYSTEM (AIS) DAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
BAB AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) merupakan salah satu permasalahan Vehicle Routing Problem (VRP) yang terbentuk dari gabungan permasalahan capacitated vehicle routing problem (CVRP) dengan vehicle routing problem with time windows (VRPTW). Tujuan dari CVRPTW adalah membentuk rute optimal untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan kendala kapasitas dan waktu pelayanan. Masalah CVRPTW yang akan dibahas adalah menentukan rute penyiraman tanaman di Kota Yogyakarta dengan batasan kapasitas dan waktu. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat model matematika CVRPTW untuk rute penyiraman tanaman di Kota Yogyakarta, menyelesaikan model tersebut dengan Algoritma Artificial Immune System (AIS) dan Algoritma Clarke and Wright Savings yang selanjutnya akan dilakukan analisis perbandingan untuk melihat algoritma mana yang menghasilkan jarak terpendek serta waktu tercepat untuk rute penyiraman tanaman di Kota Yogyakarta. Algoritma AIS diselesaikan dengan dua tahap yaitu route construction–route minimization dan tahap distance improvement total jarak. Pada tahap route construction–route minimization menggunakan algoritma Solomon insertion heuristic I1 untuk pembentukan rute awal yang disesuaikan dengan kapasitas kendaraan menggunkan prosedur ejection pool dan pada tahap distance improvement total jarak digunakan untuk mengoptimalkan hasil dari tahap Route Minimization. Algoritma Clarke and Wright Savings diselesaikan dengan cara mengaitkan titik-titik yang ada dan menjadikannya sebuah rute bedasarkan nilai saving yang terbesar yaitu jarak tempuh antara titik awal dan titik tujuan. Untuk rute penyiraman tanaman di Kota Yogyakarta dihitung dengan menggunakan Algoritma AIS didapatkan total jarak yaitu 38,53 km dengan waktu 1304 menit, sedangkan menggunakan Algoritma Clarke and Wright Savings diperoleh total jarak 42,18 km dengan waktu 1300 menit. Jarak yang didapatkan menggunakan Algoritma AIS lebih baik dibandingkan Algoritma Clarke and Wright Savings karena menghasilkan jarak yang lebih optimal, sedangkan waktu yang dihasilkan Algoritma Clarke and Wright Savings sama baiknya dibandingkan Algoritma AIS karena selisihnya hanya empat menit untuk penyelesaian CVRPTW. Kata kunci : CVRPTW, Algoritma Artificial immune system (AIS), Algoritma Clarke and Wright Savings, rute penyiraman tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 14:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52020

Actions (login required)

View Item View Item