ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA YOGYAKARTA

Aprillia, Aprillia (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Aprillia_12808141092.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian online pada mahasiswa Yogyakarta. Faktor-faktor tersebut adalah persepsi manfaat, persepsi risiko, motivasi hedonik, faktor psikologis dan desain website. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Yogyakarta yang pernah melakukan pembelian online. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 190 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian online pada mahasiswa Yogyakarta dengan nilai t hitung sebesar 4,845 dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif. (2) Persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap perilaku pembelian online pada mahasiswa Yogyakarta dengan nilai t hitung sebesar - 5,595 dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi mempunyai nilai negatif. (3) Motivasi hedonik berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian online pada mahasiswa Yogyakarta dengan nilai t hitung sebesar 1,655 dengan nilai signifikansi 0,100 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif. (4) Faktor psikologis berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian online pada mahasiswa Yogyakarta dengan nilai t hitung sebesar 1,780 dengan nilai signifikansi 0,077 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif. (5) Desain website berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian online pada mahasiswa Yogyakarta dengan nilai t hitung sebesar 4,109 dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif. (6) Persepsi manfaat, persepsi risiko, motivasi hedonik, faktor psikologis, dan desain website secara simultan berpengaruh terhadap perilaku pembelian online. (7) Nilai Adjusted R2 sebesar 49,1% menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi risiko, motivasi hedonik, faktor psikologis dan desain website mampu menjelaskan variabel perilaku pembelian online sebesar 49,1% sedangkan 50,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:57
Last Modified: 14 Aug 2017 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52015

Actions (login required)

View Item View Item