PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING LOAN, DAN NET INTEREST MARGIN TERHADAP PENYALURAN KREDIT PERBANKAN: Studi Empiris pada Bank Umum Konvensional di Indonesia

Bagaskoro, Damar (2017) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING LOAN, DAN NET INTEREST MARGIN TERHADAP PENYALURAN KREDIT PERBANKAN: Studi Empiris pada Bank Umum Konvensional di Indonesia. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DamarJatiBagaskoro_13808144005.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, dan Net Interest Margin terhadap Penyaluran Kredit bank umum konvensional yang terdapat pada Statistik Perbankan Indonesia (SPI). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahun 2012-2015. Berdasarkan dimensi waktunya studi ini termasuk dalam penelitian time series. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi asosiatif kausalitas. Subjek dalam penelitian ini adalah bank umum konvensional yang tercatat pada Bank Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data sekunder dari Statistik Perbankan Indonesia yang dipublikasikan Bank Indonesia (www.bi.go.id) dan Otoritas Jasa Keuangan (www.ojk.go.id). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dana Pihak Ketiga dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh positif signifikan terhadap Penyaluran Kredit. (2) Non Performing Loan dalam jangka pendek berpengaruh negatif signifikan, sedangkan dalam jangka panjang tidak berpengaruh terhadap Penyaluran Kredit. (3) Net Interest Margin dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh terhadap Penyaluran Kredit. Hasil uji Goodness of Fit Model menunjukkan bahwa variabel dalam model dapat digunakan untuk memprediksi Penyaluran Kredit dibuktikan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,00. Nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,99 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 99% dan sisanya 1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:57
Last Modified: 14 Aug 2017 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52014

Actions (login required)

View Item View Item