PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rahman, Aulia (2017) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
AuliaFrenshidaRahman_13808141057.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover dan Return on Assets terhadap Dividend Payout Ratio secara parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 196 perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 24 perusahaan. Data diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Assets secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Pada penelitian ini Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Total Asset Turnover tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Hasil uji ketepatan model dilakukan menggunakan uji F memiliki nilai sebesar 6,658 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemampuan prediksi dari keempat variabel terhadap Kebijakan Dividen sebesar 24,2% sebagaimana ditunjukan oleh besarnya adjusted R square sebesar 0,242 sedangkan sisanya 75,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini dirumuskan dengan DPR = 0,438 -0,012CR - 0,093 DER - 1,112TATO + 1,743ROA + e

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 14:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52012

Actions (login required)

View Item View Item