PENGEMBANGAN PAKET MEDIA PEMBELAJARAN BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA BERDASARKAN STAIi1DAR ISI UNTUK SMPIMTs KELAS VIII

Martanti , Tisna Prilia (2011) PENGEMBANGAN PAKET MEDIA PEMBELAJARAN BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA BERDASARKAN STAIi1DAR ISI UNTUK SMPIMTs KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
INSTRUCTIONAL_MEDIA_PACKAGE_DEVELOPMENT_ON_HOUSEHOLD_CHEMICALS_BASED_ON_CONTENT_STANDARDS_FOR_SMP.doc

Download (32kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan paket media pembelajaran bahan kimia rumah tangga berdasarkan Standar Isi untuk kelas VIII SMP/MTs dan untuk mengetahui kualitas paket media pembelajaran berdasarkan penilaian lima orang guru mata pelajaran IPA SMP. Pengembangan paket media pembelajaran dibimbing oleh dosen pembimbing dan memperoleh masukan dari teman-teman sejawat dan ahli media. Dengan menggunakan suatu instrumen, paket media pembelajaran dinilai oleh lima orang guru IPA SMP di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian ini berupa angket yang terdiri dari beberapa aspek dan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif yang kemudian dikonversi menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis menggunakan kategori kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas paket media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini adalah Paket Media Pembelajaran Bahan Kimia Rumah Tangga Berdasarkan Standar Isi untuk kelas VIII SMP/MTs. Berdasarkan penilaian lima orang guru IPA SMP, paket media pembelajaran mempunyai kualitas Sangat Baik dengan skur rata-rata 60,53 dengan persentase keidealan 51,11%. Oleh karena itu, paket media pembelajaran dapat digunakan sehagai media pembelajaran untuk siswa SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item