LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Gusnandar Yoga Utama, Gusnandar Yoga Utama (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan.docx

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan KKN-PPL memiliki tujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa agar memiliki pengalaman dan keterampilan dalam pembelajaran. Selain itu, mahasiswa belajar untuk beradapasi dengan lingkungan dan belajar menghadapi masalah-masalah yang terjadi di lembaga pendidikan tempat mereka mengabdi. Tujuan utama dari pelaksanaan KKN-PPL adalah untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari sewaktu kuliah dalam dunia nyata, baik itu melalui proses pembelajaran maupun aktivitas-aktivitas lain yang di lakukan di lingkungan sekolah. Harapannya pengalaman-pengalaman yang diperoleh dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi pendidik yang berkualitas dan profesional di masa yang akan datang. Pelaksanaan KKN-PPL secara terpadu ini dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai pada tanggal 2 Juli 2013 sampai 7 September 2013. KKN-PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sleman yang berada di Jalan Magelang Km 14 Medari, Caturharjo, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan KKN dibagi menjadi dua, yaitu KKN Sekolah yang dilaksanakan di SMA N 1 Sleman dan KKN Masyarakat yang dilaksanakan di masyarakat sekitar sekolah. Sedangkan kegiatan PPL dilaksanakan di SMA N 1 Sleman. Dalam melaksanakan PPL, praktikan melaksanakan praktik mengajar sebanyak 48 kali, dengan 4 kali ulangan harian. Materi yang diajarkan adalah materi Kelas XI Program IPA Bab Statistika. Standar Kompetensinya adalah Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah dengan Kompetensi Dasar : (1) Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive; (2) Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya; (3) Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, praktikan harus membuat perangkat pembelajaran berupa Buku Kerja 1, 2, dan 3. Buku Kerja 1 antara lain berisi Silabus, SK-KD, Penjabaran SK-KD, Analaisis Kriteria Ketuntasan Minimal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan LKS. Buku Kerja 2 antara lain berisi Program Tahunan, Program Semester, Rincian Minggu Efektif. Sedangkan Buku Kerja 3 berisi daftar Hadir Siswa, Daftar Nilai Siswa, Analisis Ulangan Harian, Program Perbaikan dan Pengayaan, serta Daftar Buku Pegangan Siswa dan Guru. Selain buku kerja, praktikan juga mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung. Tantangan yang harus dihadapi antara lain adalah menghadapi siswa yang unik dan memiliki beragam karakter selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, praktikan harus menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan pada setiap pembelajaran sesuai dengan karakter siswa yang dihadapi dan juga karakter materi yang disampaikan. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan mengadakan Quiz pada saat pembelajaran baik secara lisan maupun tertulis, Ulangan Harian pada akhir materi serta remidial bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. Praktikan juga mengadakan refleksi pada proses pembelajaran dengan memberikan angket kritik, pesan, dan saran dari siswa untuk praktikan. Praktik mengajar ini menyadarkan praktikan bahwa menjadi pendidik itu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum, pada saat, dan setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:37
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51996

Actions (login required)

View Item View Item