LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Yohanes Rovi Candra Permana, Yohanes Rovi Candra Permana (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan PPL akhir YOHANES ROVI C P (1).docx

Download (92kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMAN 7 Purworejo selama dua bulan sejak 15 Juli – 16 September 2013. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam kegiatan PPL di SMAN 7 Purworejo, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, XI IPA 6, XI BAHASA. Mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas setiap hari Senin jam ke-5, ke-6, Selasa jam ke-3 dan ke-4, Rabu jam ke-1 dan ke-2, Kamis jam ke-1, jam ke-2, jam ke-3 dan jam ke-4, Jumat jam ke-3 dan ke-4, Sabtu jam ke-3 dan jam ke-4. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi pendidikan Seni Musik. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat silabus, rencana pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 Juli2013sampai dengan tanggal 16 September 2013 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 31 jam pelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 28 kali pertemuan. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan sehingga diantara ketiga pihak tersebut tidak terjadi perbedaan persepsi tentang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51995

Actions (login required)

View Item View Item