PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BOGO WIJIREJO PANDAK BANTUL

Saputri, Tiza Ariesta (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BOGO WIJIREJO PANDAK BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tiza Ariesta Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui proses peningkatan hasil belajar IPS dan 2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Bogo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Bogo yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 75% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 76 dan 75% siswa berperilaku baik. Pembelajaran IPS menggunakan metode role playing dilakukan dengan menerapkan langkah pemanasan, memilih siswa yang akan berperan, menyiapkan penonton yang akan mengobservasi, mengatur panggung, permainan, diskusi dan evaluasi, permainan berikutnya, diskusi lebih lanjut, dan generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS ranah kognitif dan psikomotor siswa kelas V SD Negeri Bogo dapat ditingkatkan menggunakan metode role playing. Peningkatan hasil belajar kognitif dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Pada pratindakan siswa yang mencapai KKM sebanyak 2 siswa (10%), siklus I 11 siswa (55%), siklus II meningkat menjadi 19 siswa (95%). Peningkatan hasil belajar psikomotor siswa dapat dilihat melalui aspek perception, set, dan guided response. Pada pratindakan siswa kurang berantusias dan kurang aktif saat pembelajaran IPS, siklus I siswa yang mencapai kriteria perilaku minimal B (baik) sebanyak 4 siswa (20%). Pada siklus II, siswa yang mencapai kriteria perilaku minimal B (baik) sebanyak 15 siswa (75%). Kata kunci: hasil belajar IPS, metode role playing, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:03
Last Modified: 11 Aug 2017 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51991

Actions (login required)

View Item View Item