PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK SLEMAN

Srikonita, Riski (2017) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SD NEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Riski Srikonita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berbasis Interpersonal dan Intrapersonal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 3 SD Negeri Percobaan 2. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantititif dengan metode penelitian quasi eksperimen.. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Gain Score. Perhitungan gain score digunakan untuk mengetahui besar peningkatan kemampuan siswa setelah pretest dan posttest. Gain score pada kelompok eksperimen sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan kelompok kontrol sebesar 0,41 dengan kriteria sedang. Kecerdasan interpersonal kelompok eksperimen sebesar 3,72 dengan kriteria sangat baik dan kelompok kontrol sebesar 2,50 dengan kriteria cukup. Sedangkan pada kecerdasan intrapersonal kelompok eksperimen sebesar 3,59 dengan kriteria sangat baik dan kelompok kontrol sebesar 3,00 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran berbasis Interpersonal dan Intrapersonal dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas 3 SD Negeri Percobaan 2 Depok Sleman. Kata kunci : Multiple intelligences, Interpersonal dan Intrapersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51990

Actions (login required)

View Item View Item