PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SD NEGERI 5 WATES, KULON PROGO

Hanantika, Riani (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SD NEGERI 5 WATES, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Riani Hanantika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 5 Wates, Kulon Progo tahun ajaran 2016/2017 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action reasearch) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 5 Wates, Kulon Progo semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS yakni 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 5 Wates dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 23 siswa (74%) dan belum tuntas 8 siswa (26%). Setelah dilakukan tindakan siklus II, siswa tuntas sebanyak 29 (93%) dan belum tuntas 2 siswa (7%). Kata Kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:48
Last Modified: 11 Aug 2017 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51988

Actions (login required)

View Item View Item