PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD N KALASAN BARU KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Utami, Putri (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD N KALASAN BARU KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Putri Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas V SD N Kalasan Baru kecamatan kalasan kabupaten sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu prestasi belajar PKn dan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan mean dan uji t-test (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas V SD N Kalasan Baru Kabupaten Sleman. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (2,431>2,003), dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,018<0,05). Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar PKn siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hal tersebut ditunjukkan dari perbandingan nilai mean posttest kelompok eksperimen dan mean posttest kelompok kontrol, dimana mean posttest kelompok eksperimen lebih besar dari nilai mean posttest kelompok kontrol (86,4>79,69) dengan selisih skor 6,71. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), prestasi belajar PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51987

Actions (login required)

View Item View Item