LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Yasinta Aziz, Yasinta Aziz (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN_YASINTA AZIZ_13505241019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah syarat yang wajib ditempuh oleh mahasiswa agar bisa mendapatkan gelar sebagai sarjana pendidikan selain Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Langsung adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 2 Klaten yang berlokasi di Senden, Ngawen, Klaten ini bersamaan dengan Kuliah Kerja Nyata yang juga berlokasi di dukuh sidoarno RT.01/RW.11,Desa Gumulan,Kec.Klaten tengah,Klaten. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 16 September 2016 – 18 September 2016. Penulis diberikan tugas mengajar di kelas X dan XI kelas TGB A,B dan TKBB A,B dengan mengampu mata pelajaran, "Ilmu ukur tanah dan Gambar Tenik". Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain:Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Menyusun materi ajar, Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi,menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru,serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan. Seperti bagaimana menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) baik RPP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) maupun Kurikulum 2013, Penyusunan Materi Ajar,pengembangan media dan alat evaluasi, melaksanakan administrasi guru,dan menerapkan inovasi pembelajaran. Kualitas bimbingan dari guru pembimbing juga mempengaruhi mahasiswa PPL, sehingga setelah melaksanakan PPL mahasiswa dapat benar-benar siap menjadi tenaga pendidik. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk dikondisikan dan terbatasnya fasilitas pembelajaran seperti LCD. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktek Pengalaman Lapangan, SMK Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2017 05:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51984

Actions (login required)

View Item View Item