EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SD NEGERI DEMAKIJO 1 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ikhwan, Lantip Nur (2017) EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SD NEGERI DEMAKIJO 1 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lantip Nur Ikhwan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode permainan edukatif terhadap hasil belajar matematika di kelas II SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design, sehingga terdapat dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman. Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas II tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi ke dalam dua kelas. Kelas II A sebagai kelompok kontrol dan kelas II B sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing siswa setiap kelas adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor akhir kedua kelompok, serta perhitungan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan edukatif memiliki dampak yang efektif terhadap hasil belajar matematika di kelas II SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan mean nilai post-test yang diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 7,267 > 6,517 dan uji gain diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,35 > 0,13. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. Kata Kunci: permainan edukatif, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51981

Actions (login required)

View Item View Item