IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI PUSMALANG KECAMATAN CANGKRINGAN

Hikamawati, Khoiria (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI PUSMALANG KECAMATAN CANGKRINGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Khoiria Hikmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan pendidikan karakter yang terfokuskan dalam karakter religius dan peduli sosial di kelas IV SD N Pusmalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik berbasi karakter religius dan peduli sosial terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian. Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru sudah menunjukkan pengintegrasian karakter religius dan peduli sosial. Dalam proses pembelajaran tematik guru telah mengembangkan dan menanamkan karakter religius dan peduli sosial. Guru menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, ceramah, dan penugasan untuk mengintegrasikan nilai karakter ke dalam pembelajaran tematik. Setiap saat guru menilai dan mengevaluasi sikap yang ditunjukkan peserta didik saat proses pembelajaran. Kata kunci: implementasi, pembelajaran tematik, karakter religius, karakter peduli sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 05:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51980

Actions (login required)

View Item View Item