HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD BAGI SISWA KELAS V SE-GUGUS SENDANGADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Rohmawati, Elysa (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD BAGI SISWA KELAS V SE-GUGUS SENDANGADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Elysa Rohmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar IPS kelas V SD se-Gugus Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta yang berjumlah 165 siswa dan sampel yang berjumlah 117 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian, yang terdiri dari skala psikologi yang berjumlah 41 item untuk mengumpulkan data motivasi belajar dan rasa ingin tahu, dan 24 soal tes untuk mengumpulkan data prestasi belajar IPS. Instrumen ini diujicobakan pada 27 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reliabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS dengan sumbangan sebesar 15,63%; 2) ada hubungan yang signifikan antara rasa ingin tahu dengan prestasi belajar IPS dengan sumbangan sebesar 6,87%; 3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan rasa ingin tahu secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa dengan sumbangan sebesar 22,5%. Kata kunci: motivasi belajar, rasa ingin tahu, prestasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:57
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51978

Actions (login required)

View Item View Item