LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Putri Ade Pratama, Putri Ade Pratama (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN_PUTRI ADE PRATAMA_13505241057.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktek Kerja lapangan (PPL) Merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa SI kependidikan, yang pelaksanaannya di lakukan di sebuah instansi pendidikan dalam hal ini sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan (1) memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasainya selama menempuh pendidikan SI, (2) Menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Klaten yang beralamatkan di Senden, Nagwen, Klaten Utara, Klaten adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 selama 2 bulan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 16 September 2016 – 18 September 2016. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melakukan program mengajar minimal 8 kali pertemuan, dengan rincian 4 kali mengajar mandiri dan 4 kali mengajar terbimbing dengan jam pelaksanaan minimal 265 jam. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, ceramah, cooperative learning dan Teams Games Tournament (TGT). Penulis mengampu mata pelajaran Finishing Bangunan (10 jam pelajaran) Kelas XI jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton A dan B. Selain itu penulis juga mengajar mata pelajaran konstruksi batu secara team dengan mahasiswa PPL lainnya. Jadwal mengajar penulis dalam 1 minggu 3 kali yaitu pada hari senin,selasa dan rabu. Selain mengajar, mahasiswa juga menjalankan program non-mengajar yang ada di SMK seperti; konsultasi dengan guru pembimbing, apel atau upacara, dll. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk dikondisikan dan terbatasnya fasilitas pembelajaran seperti LCD. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju lebih baik. Selama kegiatan PPL berlangsung, penulis sudah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL UNY 2016, SMK N 2 kketen
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51977

Actions (login required)

View Item View Item