LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 2 KLATEN SENDEN, NGAWEN, KLATEN

Nita Sari, Novia (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 2 KLATEN SENDEN, NGAWEN, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN_NOVIA NITA SARI_13505241015.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu pra jabatan guru yang di rancang untuk melatih para calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi. PPL juga merupakan suatu program yang memasyarakatkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program latihan, berupa kinerja, dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan guru, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya yang di wujudkan dalam bentuk pelatihan terbatas, pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri yang di arahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Klaten yang beralamatkan di Senden, Nagwen, Klaten adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 selama 2 bulan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 16 September 2016 – 16 September 2016. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melakukan program mengajar minimal 8 kali pertemuan, dengan rincian 4 kali mengajar mandiri dan 4 kali mengajar terbimbing dengan jam pelaksanaan minimal 265 jam.Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, ceramah,cooperative learningdan Teams Games Tournament (TGT). Penulis mengampu mata pelajaran Konstruksi Bangunan (7 jam pelajaran) dan Mekanika Teknik (4 jam pelajaran) Kelas X jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton B. Jadwal mengajar penulis dalam 1 minggu 2 kali yaitu pada hari kamis dan jumat.Selain mengajar, mahasiswa juga melaksanakan program non-mengajar yang ada di SMK seperti; konsultasi dengan guru pembimbing, apel atau upacara, karnaval dll. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk dikondisikan dan terbatasnya fasilitas pembelajaran seperti LCD. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju lebih baik. Selama kegiatan PPL berlangsung, penulis sudah menyusun 12 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari 6 RPP Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan dan 6 RPP Mekanika Teknik. Penulis juga sudah menyelesaikan PPL dengan waktu 306 jam. Dari kegiatan PPL ini, penulis mendapat pengalaman kerja nyata di sekolah sebagai pendidik. Selain itu juga kegiatan PPL bermanfaat untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara pencetak tenaga kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan pengguna tenaga kependidikan SMK Negeri 2 Klaten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Konstruksi Banguanan, Mekanika Teknik, SMK Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51975

Actions (login required)

View Item View Item