PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP

Pebriyanto, Eko (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Eko Pebriyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh antara kecerdasan emosional dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa gugus Sultan Agung, (2) pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa gugus Sultan Agung, dan (3) pengaruh antara kreativitas terhadap prestasi belajar siswa gugus Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus Sultan Agung yang terdiri dari 7 sekolah sebanyak 172 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 120 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap pretasi belajar siswa gugus Sultan Agung. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 36,560 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,072, nilai signifikansi 0,000<0,05, dan nilai koefisien regresi sebesar 0,620 bernilai positif; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap pretasi belajar siswa gugus Sultan Agung. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (8,037>1,980), nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,530; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas terhadap pretasi belajar siswa gugus Sultan Agung. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,149>1,980), nilai signifikansi 0,000<0,05, dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,274. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51973

Actions (login required)

View Item View Item