LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 2 KLATEN

Arika Arti Saputra, Arika Arti Saputra (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN_WISNU PAMUNGKAS_13503241009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu tahap dari kegiatan perkuliahan yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang telah diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan. Tujuannya untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik mengajar secara riil dan utuh, memberikan layanan studi kasus kesulitan belajar bidang studi, mengembangkan manajemen pendidikan di sekolah, dan kegiatan- kegiatan terkait lain agar mahasiswa siap menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Salah satu Sekolah yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan PPL UNY 2016 adalah SMK Negeri 2 Klaten yang beralamat di Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam PPL ini adalah unjuk kerja, yaitu dengan melakukan observasi pada tanggal 18-19 july 2016 Bagi mahasiswa kegiatan PPL merupakan sebuah pengalaman yang belum pernah diperoleh selama mengikuti kegiatan akademisi di bangku kuliah, terutama pengalaman mengajar di kelas yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan program- program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa mengampu mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan yang berfokus pada kelistrikan body dan Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan berfokus pada sistem koplingpada kelas XI TKR 2016. Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, jauh hari sebelumnya mahasiswa PPL melakukan konsultasi ke Guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Job sheet, evaluasi, serta hasil penilaian. Adapun hasil KBM di kelas XI TKRA pada mata pelajaran ini, dapat dikatakan 90% berhasil. Hal ini terlihat dari nilai akhir sis wa yang membuktikan bahwa keseluruhan siswa telah mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimu (KKM).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51966

Actions (login required)

View Item View Item