PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD N NOMPOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Pratiwi, Destiani (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD N NOMPOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Destiani Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Nomporejo pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Toegether (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data untuk melihat pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan observasi, sedangkan untuk melihat hasil belajar siswa menggunakan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SD N Nomporejo. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar rata-rata pra siklus sebesar 54,67, siklus I sebesar 79,25 dan pada siklus II sebesar 91,47. Tingkat ketuntasan pada pra siklus adalah 20% pada siklus I menjadi 53,34% dan pada siklus II menjadi 100%. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 67,301% menjadi 87,932%. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, penjumlahan dan pengurangan pada pecahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51965

Actions (login required)

View Item View Item