PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 3 BANTUL

Pujiana, Pujiana and Mundilarto, Mundilarto (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 3 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00 SKRIPSI_PUJIANA_13302241033.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kriteria kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul, (2) mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mengidentifikasi permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan draf awal perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Tahap develop merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi dosen ahli, praktisi, dan uji coba terbatas kemudian uji coba di SMA N 3 Bantul. Tahap dessiminate dilakukan dengan menyerahkan produk kepada guru fisika SMA N 3 Bantul. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini terdiri dari angket penilaian kelayakan perangkat pembelajaran, instrumen tes tertulis untuk mengukur peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Teknik analisis kelayakan RPP dan LKPD menggunaan kriteria penilaian skala 5, analisis validitas instrumen tes menggunakan iteman, analisis kelayakan lembar observasi keterampilan proses, dan analisis instrumen tes menggunakanaiken’s V, analisis keterlaksanaan RPP menggunakan Interjudge Agreement (IJA), analisis peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar menggunakan General Linear Model (GLM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning dinyatakan layak digunakan. Telaah kelayakan terhadap RPP dan LKPD dinyatakan layak dengan kategori baik. Instrumen penilaian hasil belajar kognitif dinyatakan valid dan reliabel. Analisis penilaian kelayakan instrumen penilaian keterampilan proses sains dan instrumen tes memiliki kategori sangat baik, (2) keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 67,4% hingga 97,5% pada sembilan indikator keterampilan proses sains yang diamati, (3) hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 54,7% .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses Sains, Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51950

Actions (login required)

View Item View Item