IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS III SD NEGERI MINOMARTANI 1 KABUPATEN SLEMAN

Rahmawati, Isnaeni (2017) IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS III SD NEGERI MINOMARTANI 1 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani salah satutujuannya adalah menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter perilaku yang baik terhadap siswa, usia sekolah dasar adalah usia yang paling rentan dalam penanaman nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku sosial yang terlihat dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas III SD Negeri Minomartani 1 Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni: wawancara tak berstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sebelum dilapangan dan analisis data selama dilapangan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji credibility dan dependability. Uji creadibility peneliti menggunakan triangulasi teknik dan bahan referensi. Uji dependability yang digunakan peniliti dengan melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua bentuk perilaku sosial terlihat dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa, bentuk perilaku sosial yang paling sering diungkapkan dan muncul yaitu: (1) Perilaku sosial agresi seperti memukul, mencubit, menendang, marah-marah, dan menarik rambut atau kerudung; 2) Berselisih/bertengkar karena menyerobot dan membela diri; dan 3) Menggoda seperti mengejek dan memberi panggilan. Ketiga perilaku sosial tersebut masuk dalam perilaku bullying kategori kontak fisik langsung, dan kontak verbal langsung. Perilaku bullying dilakukan oleh teman sebaya kepada seseorang yang lebih lemah untuk mendapatkan keuntungan atau kepuasan tertentu, sedangkan oleh guru bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perilaku sosial, penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51938

Actions (login required)

View Item View Item