HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI CAIRAN DAN STATUS HIDRASI PADA SISWA KELAS 5 DI SD N PERCOBAAN 4 WATES

Setyawan, Candra Bima (2017) HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI CAIRAN DAN STATUS HIDRASI PADA SISWA KELAS 5 DI SD N PERCOBAAN 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Menjaga kesehatan penting dilaksanakan oleh setiap orang. Siswa membutuhkan konsumsi cairan yang baik guna menjaga status hidrasinya dalam rangka menghindari dehidrasi yang berdampak bagi tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsumsi cairan dan status hidrasi siswa kelas 5 SD N Percobaan 4 wates sebagai langkah awal dalam rangka menjaga kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian diskripsi kuantitatif. Metode kuesioner dilakukan dalam mengambil data konsumsi cairan, sedangkan metode observasi dilaksanakan dalam menganalisis status hidrasi dengan metode PURI. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Penelitian ini menggunakan populasi siswa kelas 5 SD N Percobaan 4 Wates yang berjumlah 55 orang. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifgikan antara konsumsi cairan dan status hidrasi pada siswa kelas 5 di SD N Percobaan 4 Wates. Asupan konsumsi cairan yang sudah memenuhi kebutuhan tubuh belum tentu status hidrasinya selalu dalam kategori baik. Hal tersebut dilatar belakangi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi warna urine sebagai metode pengukuran status hidrasi. Aktifitas fisik, keadaan cuaca, serta konsumsi minuman teh dan kopi menjadi faktor penyebab tidak adanya hubungan antara konsumsi cairan dan status hidrasi pada siswa kelas 5 di SD Percobaan 4 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Cairan, Status Hidrasi dan SD N Percobaan 4 Wates.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51937

Actions (login required)

View Item View Item