PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN PENDEKATAN MEDIA ROTKRAM PADA SISWA KELAS V SD TIRTOMULYO KRETEK KECAMATAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Giyanta, Giyanta (2017) PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN PENDEKATAN MEDIA ROTKRAM PADA SISWA KELAS V SD TIRTOMULYO KRETEK KECAMATAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GIYANTA_15604227012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani khususnya dalam atletik lempar cakram tidak maksimal dan kurang efisien dari segi waktu karena keterbatasan alat. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil peningkatan efektifitas belajar lempar cakram dengan pendekatan media rotkram pada siswa kelas V SD Tirtomulyo Kretek Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Tirtomulyo Kretek Bantul tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 22 siswa. Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 105 menit. Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi pengamatan perkembangan siswa dan tes unjuk kerja siswa melakukan lempar cakram. Teknik analisis data yang digunakan secara berturutan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran atletik lempar cakram melalui pendekatan modifikasi media rotkram dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tiap siklus yang diberikan selama tindakan berlangsung. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dan terlihat banyak siswa yang memperoleh kesempatan mencoba tugas yang diberikan guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menjadi efektif dengan adanya hasil yang didapat atau tujuan proses pembelajaran tercapai. Peningkatan kreatifitas siswa yang ditunjukkan dengan adanya siswa yang menghasilkan ide baru untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru di dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan ditunjukkan dengan peningkatan motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran dan siswa terlihat senang selama pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat meningkat serta peningkatan hasil tes keterampilan lempar cakram yang sebagian besar siswa telah memenuhi KKM (75).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Lempar Cakram, Siswa SD, Pendekatan, Rotkram
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51935

Actions (login required)

View Item View Item