PERAN MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SULTHONI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ardiyanti, Dwikita (2017) PERAN MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SULTHONI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwikita Ardiyanti 13110241019_skripsi.10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni; (2) Modal sosial yang dimiliki TK Sulthoni; (3) Peran modal sosial dalam strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni; (4) Faktor penghambat dan faktor pendukung peran modal sosial dalam strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Sulthoni. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan guru TK Sulthoni. Objek penelitian ini mengenai peran modal sosial dalam strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni dapat dilihat dari tiga cakupan yakni input, proses, dan output. Tiap cakupan memiliki fokus yakni, input berfokus pada input secara fisik dan nonfisik, proses berfokus pada SDM (sumber daya manusia) dan pelayanan, serta output berfokus pada prestasi dan lulusan. Strategi yang terkandung di dalamnya bersifat top-down, bottom-up¸dan komprehensif; (2) Modal sosial yang ditemukan di TK Sulthoni meliputi kepercayaan, norma, kerjasama, jaringan, partisipasi, dan komitmen; (3) Peran modal sosial yang terdiri dari kepercayaan, norma, kerjasama, jaringan, partisipasi, dan komitmen mendukung dalam penerapan strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni; (4) Faktor penghambat peran modal sosial dalam strategi perbaikan mutu pendidikan di TK Sulthoni yaitu manajemen waktu yang kurang maksimal, kurangnya SDM untuk tenaga administrasi, dan pemahaman masyarakat yang masih kurang tentang pendidikan anak usia dini. Sedangkan faktor pendukungnya adalah komitmen yang tinggi, komunikasi yang baik, profesionalitas kerja, dan adanya program-program unggulan TK Sulthoni.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Strategi Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:46
Last Modified: 11 Aug 2017 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51934

Actions (login required)

View Item View Item