LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017 PERIODE 18 JULI 2016 – 14 SEPTEMBER 2016

Adiguna Satrya Wibowo, Adiguna Satrya Wibowo (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017 PERIODE 18 JULI 2016 – 14 SEPTEMBER 2016. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA_ADIGUNA SATRYA WIBOWO_13502244003.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Maka dari itu tujuan dari pelaksanaan kegiatan PPL ini yaitu : (1) Agar mahasiswa dapat menyiapkan instrumen-instrumen yang diperlukan sebelum melakukan praktik mengajar; (2) Mahasiswa dapat melakukan praktik mengajar; (3) Mahasiswa dapat menilai hasil belajar siswa. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 2 Klaten. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar dikelas mata pelajaran teori maupun praktik, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Perekayasaan Sistem Antena”, pengajaran ekstra kulikuler Arduino. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 14 September 2016, dengan menerapkan Kurimulim 2013 dan jumlah total jam 142 jam. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Hasil yang dicapai setelah melakukan persiapan sebelum kegiatan mengajar yaitu praktikan dapat mengetahui dan membuat instrumen yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan mengajar agar kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan lancar. Dengan kegiatan mengajar maka praktikan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk dapat belajar menjadi tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki keterampilan pedagogik yang profesional. Yang kemudian praktikan dapat melakukan penilaian dari hasi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakn dan seberapa besar tujuan pendidikan itu sudah tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Perekayasaan Sistem Antena, Teknik Audio Video, SMK Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:57
Last Modified: 10 Aug 2017 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51932

Actions (login required)

View Item View Item