IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI DINAS PENDIDIKAN KEBUPATEN PACITAN

Maryani, 13110241016 (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI DINAS PENDIDIKAN KEBUPATEN PACITAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Maryani_13110241016_skripsi.9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Seksi Pembinaan Pendidikan Non Formal, Staf Pembinaan Pendidikan Non Formal, ketua lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan, tutor, dan warga belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) Implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan dilaksanakan melalui tahap perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program yang di dalamya memuat: a) Melalui komunikasi, informasi kebijakan pendidikan kesetaraan ditransformasikan secara konsisten; b) Belum optimalnya sumber daya pendukung dalam implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan; c) Disposisi pelaksana kebijakan terhadap kebijakan sangat tinggi; d) Struktur birokrasi memiliki kesesuaian dengan struktur birokrasi yang ditetapkan. 2) Faktor pendukung: dukungan dari pemerintah, banyaknya tutor yang kompeten, kurikulum yang adaktif, adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Faktor penghambat, meliputi: informasi kebijakan belum dipahami secara jelas, kewenangan belum difungsikan secara optimal, belum mencukupinya sumber daya anggaran, faktor ekonomi masyarakat, letak geografis Kabupaten Pacitan, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, belum optimalnya penyelenggaraan pendidikan kesetaraan, rendahnya intensitas kehadiran warga belajar, minimnya gaji yang diterima oleh tutor, kurangnya buku petunjuk kurikulum, kurangnya sarana dan parasarana kegiatan pembelajaran. Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, kesetaraan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51931

Actions (login required)

View Item View Item