LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Hakim, Luqman (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO_LUQMAN HAKIM_13501244008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau yang disingkat dengan PPL merupakan salah satu mata kuliah yang memiliki bobot 3 SKS dan wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satuprogram yang bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa yang diharapkan dapat menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten yang beralamat di Senden, Ngawen, Klaten. Yang dilaksanakan dari tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Dalam pelaksanaanya, PPL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap pertama dalah persiapan, berisi kegiatan : pembekalan PPL, pembelajaran mikro (mikroteaching) dikampus, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajarandan pembekalan PPL. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, tahap pelaksanaan dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu praktik mengajar dan kegiatan disekolah, sebelum melaksanakan praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu menyiapkan rencana pembelajaran (RPP), modul, materi, dan media pembelajaran. Setelah persiapan selesai praktik mengajar dikelas dilakukan dengan 2 cara yakni mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Dalam pelaksanaan PPL, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Instalasi Penerangan Listrik”. Praktik mengajar Kurikulum 2013 dan jumlah total 8 jam pelajaran tiap minggu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Instalasi Penerangan Listrik, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, SMK Negeri 2 Klaten Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Penulis menghimbau SMK Negeri 2 Klaten untuk menambah sarana dan prasaranayang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya terhadap mahasiswa PPL sehingga setelah melaksanakan Praktik PengalamanLapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51929

Actions (login required)

View Item View Item