Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Problem Solving Skills Peserta Didik.

Ardiani, Octaviasri Wahyu (2017) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Problem Solving Skills Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-octaviasri-wahyu-ardiani-15708251014.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA materi Interaksi Makhluk Hidup yang layak untuk pembelajaran IPA peserta didik kelas VII SMP dan (2) mengetahui keefektifan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis model Problem Based Learning terhadap problem solving skills dan scientific literacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap (1) analysis, (2) design, (3) development and production, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian adalah 86 peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan semester II tahun ajaran 2016/2017 dengan rincian: (1) uji coba awal dengan 23 peserta didik dari kelas VII D, (2) uji coba utama dengan 31 peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi SSP IPA, angket respon LKPD, lembar soal scientific literacy, lembar soal problem solving skills, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan masukan dari validator terhadap SSP IPA yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa nilai tes scientific literacy dan problem solving skills peserta didik, respon peserta didik terhadap LKPD, dan hasil obeservasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, gain score, serta signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotteling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SSP IPA dengan model problem based learning: (1) dinilai layak untuk pembelajaran IPA dengan nilai A dan kategori sangat baik, serta (2) efektif untuk meningkatkan scientific literacy dan problem solving skills peserta didik kelas VII SMP dengan signifikansi= 0,004 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject specific pedagogy, problem based learning, scientific literacy, problem solving skills.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:48
Last Modified: 09 May 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51928

Actions (login required)

View Item View Item