IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2011 TENTANG BAHASA ISYARAT DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTELEGENSI ANAK TUNARUNGU

Prakoso, Setyoko Bagus (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2011 TENTANG BAHASA ISYARAT DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTELEGENSI ANAK TUNARUNGU. S1 thesis, KP.

[img] Text
Setyoko Bagus Prakoso_13110244009_skripsi.8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2011 TENTANG BAHASA ISYARAT DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTELEGENSI ANAK TUNARUNGU Oleh Setyoko Bagus Prakoso 13110244009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat terlaksananya Implementasi Kebijakan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Bahasa Isyarat dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelegensi Anak Tunarungu di SLB Maarif Muntilan dilihat dari segi akademik dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian yang meliputi Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi kebijakan bahasa isyarat berjalan dengan baik dengan adanya dukungan bahasa oral sebagai penunjang dalam mengembangkan kecerdasan intelegensi anak tunarungu (2) faktor pendukung meliputi :dukungan suatu komunitas di luar sekolah yaitu magelang deaf community untuk mengembangkan kecerdasan intelegensi serta dapat memberikan pengalaman kepada anak, adanya bahasa ibu yang dimiliki oleh anak tunarungu sebagai bekal untuk berkomunikasi, serta dengan dilakukannya evaluasi yang dilakukan oleh sekolah untuk melihat dan memantau keberhasilan dari implementasi kebijakan bahasa isyarat tersebut dan (3) faktor penghambat meliputi : adanya keterbatasan komunikasi yang masih menjadi hambatan untuk melakukan interaksi dengan masyarakat sekolah dan umum. Hasil dari implementasi kebijakan bahasa isyarat yaitu anak mampu mengolah dan mengembangkan pikiran mereka melalui gerak tubuh. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Bahasa Isyarat, Kecerdasan Intelegensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:03
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51926

Actions (login required)

View Item View Item