PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 3 WONOSARI, GUNUNG KIDUL 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Indriani, Sri Bijak (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 3 WONOSARI, GUNUNG KIDUL 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Sri Bijak.pdf

Download (359MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Wonosari, praktikan melakukan praktik mengajar secara terbimbing di kelas VIII. Praktikan diberi kepercayaan untuk mengajar kelas VIII A hingga VIII F. Pembelajaran terdiri dari materi bab 1 Kondisi fisik wilayah dan penduduk yang membahas tentang letak Indoneesia, jenis tanah, dfan flora fauna dan bab 2 membahas kuantitas penduduk Indonesia, komposisi (susunan) penduduk, serta cara penanggulangan permasalahan penduduk. Dan materi bab 3 tentang permasalahan lingkungan hidup, yang membahas tentang pengertian lingkungan hidup, kerusakan lingkungan hidup, upaya penanggulangan kerusakan lingkungan hidup. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 38 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanakan PPL berjalan lancar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51925

Actions (login required)

View Item View Item