PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD N PROGOWATI PADA MATA PELAJARAN PKN

Khumayasari, Ulfah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD N PROGOWATI PADA MATA PELAJARAN PKN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ulfah Khumayasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw terhadap kemampuan kerjasamasiswa kelas IV SD N Progowati, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD N Progowati pada mata pelajaran PKn, dan 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw terhadap kemampuan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas IV SD N Progowati pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVA (kelas eksperimen) dan kelas IVB (kelas kontrol). Jumlah sampel sebanyak 41 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney, uji t dan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa kelompok eksperimen adalah 82,75, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 69,76 dan nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,621 sedangkan nilai gain kelas kontrol sebesar 0,52. Nilai rata-rata kuesioner akhir kelas eksperimen sebesar 99,6, sedangkan nilai rata-rata kuesioner akhir kelas kontrol sebesar 77,38 dan nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,517 sedangkan nilai gain kelas kontrol sebesar 0,017. Berdasarkan presentase skala likert 1-4, kemampuan kerjasama siswa kelas eksperimen masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk kelas kontrol masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis MANOVA, didapatkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 untuk variabel prestasi belajar dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 untuk variabel kemampuan kerjasama. Kata kunci: Jigsaw, kerjasama, prestasi belajar, PKN

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51919

Actions (login required)

View Item View Item