Pangestika, Styfindina (2017) HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 5 KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.
Text
Styfindina P.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar se-gugus 5 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar se-gugus 5 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo sebanyak 113 siswa dengan sampel 88 siswa yang dihitung dengan rumus slovin dan diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa skala rasa percaya diri dan skala motivasi berprestasi IPA. Validitas instrumen menggunakan metode corrected item total correlation dan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji linieritas serta uji hipotesis yang menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi, dengan harga koefisien korelasi 0,716 pada taraf signifikansi 5% yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi rasa percaya diri siswa maka semakin tinggi pula motivasi berprestasinya. Kata kunci: rasa percaya diri, motivasi berprestasi IPA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 07:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51917 |
Actions (login required)
View Item |